jump to navigation

“Rokok” Rumah Sakit atau Lubang Kubur? Januari 30, 2009

Posted by Hellen Puspaningrum in Uncategorized.
Tags: , , , , , , ,
1 comment so far

Wah, judulnya serem amat ya? Tapi aku ngerasa emang hanya itulah pilihan bagi para perokok bahkan bagi para orang-orang “tersayang” yang ada di sekelilingnya. Sebenarnya aku heran sama orang yang merokok?! Apa sebenarnya yang mereka dapat? Selain buang-buang uang juga menabung berbagai macam penyakit. Lebih parahnya lagi penyakitnya juga dibagikan kepada orang-orang yang bukan perokok tapi katanya “disayang” (perokok pasif). Padahal pemerintah sudah memberikan peringatan disetiap bungkus rokoknya, namun hal ini tetap saja tidak digubris oleh para perokok. Disatu sisi aku merasa pemerintah kurang tegas dalam menyikapi masalah rokok ini, tapi disisi lain aku juga tidak memungkiri bahwa jutaan rakyat Indonesia hidupnya tergantung dari pabrik “batang berasap” ini. Selain itu, rokok merupakan penyumbang uang negara yang sangat besar. Sehingga wajarlah kiranya, pabrik rokok ini masih dipertahankan bahkan semakin berkembang pesat.

Tidak ada hal lain yang bisa aku lakukan selain sekedar menghimbau kepada para “smoker” untuk mengetahui akibatnya sebelum terlambat dan nantinya menyesal. Juga buat para “newers” sebelum mencoba-coba lantas menjadi ketergantungan sebaiknya ketahui dulu apa itu rokok, dan apa saja dampaknya jika menghisapnya.

Yang perlu kita ketahui ialah, asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker  dan 50 kali mengandung bahan pengiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

Berikut adalah beberapa bahaya nyata rokok:

* KANKER PARU (90% KANKER PARU PADA LAKI-LAKI DISEBABKAN ROKOK, DAN 70% UNTUK PEREMPUAN),

* KANKER MULUT,

* KANKER BIBIR,

* ASMA,

* KANKER LEHER RAHIM (Cerviks),

* JANTUNG KORONER,

* DARAH TINGGI (Hypertensi),

* STROKE,

* KANKER DARAH (Leukimia),

* KANKER HATI,

* BRONCHITIS,

* KEMATIAN MENDADAK PADA BAYI,

* BAHAYA RUSAKNYA KESUBURAN BAGI WANITA

* IMPOTENSI BAGI KAUM PRIA.

Racun pada Rokok
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

Racun rokok

Ø      Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.

Ø      Nikotin adalah zat adiktif (ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain) yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.

Ø      Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat atom C (carbon) dan biasanya berasal dari asap kendaraan bermotor

Ø Hydrogen Cianida merupakan racun yang dahulu digunakan untuk eksekusi hukuman mati bagi para narapidana

Ø Aceton merupakan cairan penghapus cat atau kuteks (pewarna kuku)

Ø Ammonia juga sering digunakan sebagai cairan pembersih lantai

Ø

Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
– Merasa cepat marah, hampa atau geram.
– Cemas atau gelisah.
– Stres dalam bekerja.

Efek Racun
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

  • 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
  • 4x menderita kanker esophagus
  • 2x kanker kandung kemih
  • 2x serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
Batas Aman
Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, lebih lama dan semakin sering.

TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERKENA ASAP ROKOK.

MITOS ROKOK

1.      Merokok itu cowok banget
Yang pasti merokok bikin gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Ini sih cowok ‘penyakitan’.

2.      Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan
Walaupun dibutuhkan waktu 10 – 20 tahun , terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboro pun mati karena kanker paru. Nggak mau kan, masa tua mu dihabiskan dengan terbaring di rumah sakit dan rutin minum obat?

3.      Kalau sedikit tidak apa-apa
Yang benar: Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok.

ANDAI SAJA ROKOK TIDAK ADA DI BUMI INDONESIA:

Þ    Tidak ada masukan dari pajak cukai nya untuk pemasukan pemerintah.
Masalahnya, apakah kita setuju membunuh anak-anak bangsa dan para pekerja rokok mempunyai andil untuk itu, padahal mereka juga punya anak-anak? Seharusnya kita yakin bahwa yang memberi rizki itu adalah Allah bukannya rokok atau pabrik rokok. Pasti Allah akan mengganti rezki yang jauh lebih baik dan lebih banyak dari rezki yang didapat dari rokok tadi.
“Negeri ini kaya tapi miskin”. Banyak kekayaan alam potensial di negeri ini yang belum dimanfaatkan secara potensial yang dapat mengangkat kesejahteraan rakyat. Tinggal bagaimana kita sebagai “putra bangsa” mau berkontribusi terhadapnya.

Þ    Kalau pabrik rokok tutup, pekerjanya mau dikemana’in? Ini nih tugasnya pemerintah. Yang pasti bumi Allah itu luas dan Allah menjamin rezeki tiap-tiap makhluk-Nya.

SEDIKIT TIPS BERHENTI MEROKOK:

Þ    Selalu bawa permen untuk mengganti rokok.

Þ    Simpan sebungkus rokok dirumah, dan kunci di laci atau lemari. Jadi ketika sedang diluar rumah dan ingin merokok, tunda untuk membeli rokok, karena dirumah masih ada simpanan sebungkus. Ulangi terus sampai berhenti.

Þ    Puasa senin-kamis bagi yang muslim.

Þ    Lihat aja gambar paru-paru perokok yang sudah kotor. Ibarat penyaring udara yang sudah sangat kotor.

Þ    Buat yang belum menjadi “smoker”, jangan pernah mencoba-coba, karena percayalah mencegah selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati dan berhenti untuk merokok.

Sistem Peredaran Darah Manusia Januari 30, 2009

Posted by Hellen Puspaningrum in Bahan AJar Biologi SMA.
181 comments

Sistem Peredaran Darah Manusia

Struktur Alat Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredaran darah, pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri.

Sistem peredaran darah pada manusia

1. Jantung

Jantung mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel) dan terletak di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. Jantung terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri dari 2 lembar :
a. lamina panistalis di sebelah luar
b. lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung.

Jantung memiliki katup atrioventikuler (valvula bikuspidal) yang terdapat di antara serambi dan bilik jantung yang berfungsi mencegah aliran dari bilik keserambi selama sistol dan katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) yang berfungsi mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole.

Struktur jantung

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah terdiri atas arteri dan vena. Arteri berhubungan langsung dengan vena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endotheliumnya.

struktur pembuluh darah

Arteri dan vena terletak bersebelahan. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. Cabang terkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal.

Perbedaan struktur masing-masing pembuluh darah berhubungan dengan perbedaan fungsional masing-masing pembuluh darah tersebut.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Macam-macam Pembuluh Darah

Pembuluh darah terbagi menjadi :

A. Pembuluh darah arteri

  1. Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik
  2. Merupakan pembuluh yang liat dan elastis
  3. Tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik
  4. Memiliki sebuah katup (valvula semilunaris) yang berada tepat di luar jantung
  5. Terdiri atas :
    5.1 Aorta yaitu pembuluh dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh
    5.2 Arteriol yaitu percabangan arteri
    5.3 Kapiler :
    a. Diameter lebih kecil dibandingkan arteri dan vena
    b. Dindingnya terdiri atas sebuah lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal
  6. Dindingnya terdiri atas 3 lapis yaitu :
    6.1 Lapisan bagian dalam yang terdiri atas Endothelium
    6.2 Lapisan tengah terdiri atas otot polos dengan Serat elastis
    6.3 Lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat Serat elastis

B. Pembuluh Balik (Vena)

  1. Terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali
  2. Dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis.
  3. Tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi
  4. Terdapat katup yang berbentuk seperti bulan sabit (valvula semi lunaris) dan menjaga agar darah tak berbalik arah.
  5. Terdiri dari :
    5.1. Vena cava superior yang bertugas membawa darah dari bagian atas tubuh menuju serambi kanan jantung.
    5.2. Vena cava inferior yang bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke serambi kanan jantung.
    5.3. Vena cava pulmonalis yang bertugas membawa darah dari paru-paru ke serambi kiri jantung.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Macam Peredaran Darah

Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda  yang terdiri dari :

1. Peredaran darah panjang/besar/sistemik

Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.

2. Peredaran darah pendek/kecil/pulmonal

Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Proses peredaran darah dipengaruhi juga oleh kecepatan darah, luas penampang pembuluh darah, tekanan darah dan kerja otot yang terdapat pada jantung dan pembuluh darah.

Pada kapiler terdapat spingter prakapiler mengatur aliran darah ke kapiler :

  1. Bila spingter prakapiler berelaksasi maka kapiler-kapiler yang bercabang dari pembuluh darah utama membuka dan darah mengalir ke kapiler.
  2. Bila spingter prakapiler berkontraksi, kapiler akan tertutup dan aliran darah yang melalui kapiler tersebut akan berkurang.

Pada vena bila otot berkontraksi maka vena akan terperas dan kelepak yang terdapat pada jaringan akan bertindak sebagai katup satu arah yang menjaga agar darah mengalir hanya menuju ke jantung.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah

Kelainan atau penyakit pada sistem peredaran darah antara lain:

1.      Arteriosklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi karena endapan lemak berbentuk plak (kerak) yaitu jaringan ikat berserat dan sel-sel otot polos yang di infiltrasi oleh lipid (lemak)

2.      Anemia yaitu rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau berkurangnya jumlah eritrosit dalam darah

3.      Varises yaitu pelebaran pembuluh darah di betis

4.      Hemeroid (ambeien) pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur

  1. Ambolus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.
  2. Trombus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak .
  3. Hemofili yaitu kelainan darah yang menyebabkan darah sukar membeku (diturunkan secara hereditas)
  4. Leukemia (kanker darah ) yaitu peningkatan jumlah eritrosit secara tidak terkendali.
  5. Erithroblastosis fetalis yaitu rusaknya eritrosit bayi/janin akibat aglutinasi dari antibodi yang berasal dari ibu.
  6. Thalasemia yaitu anemia yang diakibatkan oleh rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang bersifat menurun.
  7. Hipertensi yaitu tekanan darah tinggi akibat arteriosklerosis