jump to navigation

Sistem Peredaran Darah Manusia Januari 30, 2009

Posted by Hellen Puspaningrum in Bahan AJar Biologi SMA.
trackback

Sistem Peredaran Darah Manusia

Struktur Alat Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia tersusun atas jantung sebagai pusat peredaran darah, pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri.

Sistem peredaran darah pada manusia

1. Jantung

Jantung mempunyai empat ruang yang terbagi sempurna yaitu dua serambi (atrium) dan dua bilik (ventrikel) dan terletak di dalam rongga dada sebelah kiri di atas diafragma. Jantung terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri dari 2 lembar :
a. lamina panistalis di sebelah luar
b. lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung.

Jantung memiliki katup atrioventikuler (valvula bikuspidal) yang terdapat di antara serambi dan bilik jantung yang berfungsi mencegah aliran dari bilik keserambi selama sistol dan katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) yang berfungsi mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole.

Struktur jantung

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah terdiri atas arteri dan vena. Arteri berhubungan langsung dengan vena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endotheliumnya.

struktur pembuluh darah

Arteri dan vena terletak bersebelahan. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. Cabang terkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal.

Perbedaan struktur masing-masing pembuluh darah berhubungan dengan perbedaan fungsional masing-masing pembuluh darah tersebut.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Macam-macam Pembuluh Darah

Pembuluh darah terbagi menjadi :

A. Pembuluh darah arteri

  1. Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik
  2. Merupakan pembuluh yang liat dan elastis
  3. Tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik
  4. Memiliki sebuah katup (valvula semilunaris) yang berada tepat di luar jantung
  5. Terdiri atas :
    5.1 Aorta yaitu pembuluh dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh
    5.2 Arteriol yaitu percabangan arteri
    5.3 Kapiler :
    a. Diameter lebih kecil dibandingkan arteri dan vena
    b. Dindingnya terdiri atas sebuah lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal
  6. Dindingnya terdiri atas 3 lapis yaitu :
    6.1 Lapisan bagian dalam yang terdiri atas Endothelium
    6.2 Lapisan tengah terdiri atas otot polos dengan Serat elastis
    6.3 Lapisan terluar yang terdiri atas jaringan ikat Serat elastis

B. Pembuluh Balik (Vena)

  1. Terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali
  2. Dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis.
  3. Tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi
  4. Terdapat katup yang berbentuk seperti bulan sabit (valvula semi lunaris) dan menjaga agar darah tak berbalik arah.
  5. Terdiri dari :
    5.1. Vena cava superior yang bertugas membawa darah dari bagian atas tubuh menuju serambi kanan jantung.
    5.2. Vena cava inferior yang bertugas membawa darah dari bagian bawah tubuh ke serambi kanan jantung.
    5.3. Vena cava pulmonalis yang bertugas membawa darah dari paru-paru ke serambi kiri jantung.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Macam Peredaran Darah

Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda  yang terdiri dari :

1. Peredaran darah panjang/besar/sistemik

Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.

2. Peredaran darah pendek/kecil/pulmonal

Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.

Proses peredaran darah dipengaruhi juga oleh kecepatan darah, luas penampang pembuluh darah, tekanan darah dan kerja otot yang terdapat pada jantung dan pembuluh darah.

Pada kapiler terdapat spingter prakapiler mengatur aliran darah ke kapiler :

  1. Bila spingter prakapiler berelaksasi maka kapiler-kapiler yang bercabang dari pembuluh darah utama membuka dan darah mengalir ke kapiler.
  2. Bila spingter prakapiler berkontraksi, kapiler akan tertutup dan aliran darah yang melalui kapiler tersebut akan berkurang.

Pada vena bila otot berkontraksi maka vena akan terperas dan kelepak yang terdapat pada jaringan akan bertindak sebagai katup satu arah yang menjaga agar darah mengalir hanya menuju ke jantung.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah

Kelainan atau penyakit pada sistem peredaran darah antara lain:

1.      Arteriosklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi karena endapan lemak berbentuk plak (kerak) yaitu jaringan ikat berserat dan sel-sel otot polos yang di infiltrasi oleh lipid (lemak)

2.      Anemia yaitu rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau berkurangnya jumlah eritrosit dalam darah

3.      Varises yaitu pelebaran pembuluh darah di betis

4.      Hemeroid (ambeien) pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur

  1. Ambolus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.
  2. Trombus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak .
  3. Hemofili yaitu kelainan darah yang menyebabkan darah sukar membeku (diturunkan secara hereditas)
  4. Leukemia (kanker darah ) yaitu peningkatan jumlah eritrosit secara tidak terkendali.
  5. Erithroblastosis fetalis yaitu rusaknya eritrosit bayi/janin akibat aglutinasi dari antibodi yang berasal dari ibu.
  6. Thalasemia yaitu anemia yang diakibatkan oleh rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang bersifat menurun.
  7. Hipertensi yaitu tekanan darah tinggi akibat arteriosklerosis
About these ads

Komentar»

1. taNdti - Februari 11, 2009

Waahh..
tengkyu ban9ed..!!
bSa bNtU bn9ed bUad pReseNtaSi sbtu ntar..!!
ten9kyuU.. : )

Hellen Puspaningrum - Februari 13, 2009

Sama2… oke deh good luck bwt presnts nya bsok….

2. LH_2009 - Mei 7, 2009

thnx 4 this person who write this article…
Cz dgn artikel ni bsa bwt presentasi bsk…

THNX…

^_^

3. devita - September 9, 2009

wah bagus nich utk bahan ul

4. heri - September 13, 2009

terima kasih
bisa jawab PR anak saya

5. najwa askar - September 27, 2009

wow trims yup jd bisa kerjain pr

6. someone - Oktober 13, 2009

waw, ni mnolong bwanget…
genting nich..

7. Haris - Oktober 18, 2009

waaaaah….tanks bngd ya’…
bsa bntu ntuk ngrjain tugas ANATOMI :-)

8. OBIE - Oktober 28, 2009

Makaih ya…cZ dah bisa nantu ngerjain tugas IPA Qu…awalnya sie…aQu bingung mw ngerjain gimana,,tapi setelah mencari di sini alhamdulillah nilai aQu besar…thank’s ea…

9. ye2n - Oktober 31, 2009

macacih bngetd yow teman…
It’s help me so much!!!!
gud lak yow….

10. Shella Berry - November 1, 2009

mau tanya dong, mengapa dinding otot pembuluh balik lebih tipis daripada pembuluh nadi ? makasih

11. yuni - November 6, 2009

perbedaan diameter saluran pembuluh nadi vena ma pembuluh nadi balik mana ???

12. Almaidatul - November 8, 2009

bagaimana cara pengedaran pembuluh arteri dan pembulu vena?

13. nur ajah.. - November 19, 2009

thanx banget ya.. aku bisa belajar disini, coz dikampus kurang lengkap catetannya

14. ana - November 19, 2009

makasih jd bsa nerjain pr q nih

15. atirista agustina - November 30, 2009

Aku maw nanya klo pemriksaan fisik itu pd tekanan darah dlam posisi tidur ato duduk?
Tlg beri alasan masing2

16. ditha - Desember 2, 2009

wew… makasih iaa… jd bs ngrjain persentasi…

17. sarii - Desember 3, 2009

pengn nanya
antara bilik kanan dan bilik kiri mana yg lebih tebal???

18. anisa rahma - Desember 6, 2009

waaaahhhhhhhhh……….
mkcie iaa,,,,,,,,,,
q bza nemuin jwaban tgaz q nui……….

19. penny valentiena - Desember 21, 2009

wach thanks bwged ea..q jadi lebih taww sistem peredaran darh manusia………….

20. vhy - Desember 22, 2009

thank yA!
dah bantu q nyelesain
tU9az biOlo9! …….

21. ida - Desember 26, 2009

thanks y helen…
ne bt bhan makalh neh..

22. apunk - Desember 27, 2009

kalau struktur darah ada ga ya ?

23. fabella - Januari 5, 2010

thanks nie….
qu bs kerjain nie pr….
>.<
:p

24. deddy - Januari 7, 2010

kk . . . .
yg dimaksud siastole itu apa ya . . .
di kasih PR susah bgd . . . .
yg tw tlong SMS ke no ini dund 085651105232 . . .

25. zury - Januari 9, 2010

bagaimana jika manusia tdk memiliki 1 dari alat peredaran darah??????????????????????????????????????????????????????????????

26. danzblue - Januari 15, 2010

mau bantu jawab neh..
1. arteri jelas lebih tebal dari vena, karena fungsinya memompa darah secara aktif, sehingga denyutan arteri lebih keras dan terasa dibanding vena.. vena hanya memanfaatkan aliran balik dari dorongan arteri, katub katub dan gaya gravitasi dalam mengembalikan aliran darah ke jantung..
2. bagian jantung yang paling tebal adalah atrium kiri, karena fungsinya mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan tekanan nya pun paling tinggi, sekitar 120mmhg
3. kalau boleh koreksi, leukimia itu leukosit nya yang meningkat.. eritrosit justru berkurang karena dimangsa oleh leukosit muda nya.. walaupun jumlahnya meningkat, tapi kerjanya tidak efektif sehingga ada penurunan daya tahan tubuh.. lalu soal hipertensi, sebenarnya faktor utama nya adalah idiopatik (tidak diketahui, atau karena keturuanan, sekitar 95%).. aterosklerosis, penyakit ginjal, obat obatan dll hanya merupakan 5% dari penyebab hipertensi.. untuk varises, tidak hanya di tungkai saja, varises bisa terjadi di pembuluh vena lainnya, seperti varises esofagus yang membuat orang muntah darah pada kasus penyakit penyakit hati..sumbatan yang bergerak disebut embolous (emboli)..

tq..

27. nida andini - Januari 17, 2010

thanks bgt bgi org yg udah nuliss nue artikel
selesai deh PR-Quw nue..
^_^

28. icha - Januari 19, 2010

saya ingin bertanya
bagai mana sistem peredaran darah pada hewan.
tolong jelaskan

29. dita - Januari 24, 2010

ewe.an we cing jero

30. WALUYO - Februari 1, 2010

thx yah

31. ibadurahman - Februari 23, 2010

makasih… ya.. ilmunya…. semoga bisa di kembangkan lagi….
berharap dapat ilmu lebih banyak dari sini..
sekali lagi thx buat ilmunya…

32. Cherish Blossom - Februari 24, 2010

gimana kalo lebih diupdate??
lumayan juga nih artikel bisa bantu tugas ku yang banyak.

33. bumbhel - Maret 2, 2010

wadoooww..
thanks buanget nih..
ulangan ku lancar deeehhh..
ekheeemmm…

makacih-makcih..
terus tulis artikel yang bagus-bagus yaw!

34. Hajie - Maret 19, 2010

Makachi yaw……
Moga2 aq lulus ujian nanti
Doa’in yaaaa

35. danang - Maret 19, 2010

wah nie bisa bwt artikel aq nich…
siep…siep…

36. putri - Maret 25, 2010

wah thanks bgt ya,,,,

37. lina - Maret 26, 2010

kalau darah dari seluruh tubuh..
entar muaranya di bilik kiri bukan kak:?

38. Sarah - Maret 31, 2010

Thank you so much. It does work very well for me.

39. Teda Littik - April 6, 2010

thanks so much buat yang buat dan share artikel ini. bisa jadi bahan ajar ku besok. God bless you

40. zN - April 8, 2010

mksh byk , ,
mdh2n presentasi bsk sucsess .
aamiin

41. ichsan - April 11, 2010

kenapa peredaran darah manusia 5 liter per menit

42. wina - April 14, 2010

makasih bgt y,,,
jd lebih gampang deh

43. wahyu - April 14, 2010

bagus sekali bung

44. hartini - April 25, 2010

pak mohon di cantumkan donk gambar peredaran darah yang labih detail biar gampang di mengerti beserta penjelasaanya….

45. zainal - Mei 3, 2010

thanks ya, dah bntu tmbah materi tuk UTS..!!

46. thomi - Mei 5, 2010

bner2 membantu

47. iqbal - Mei 5, 2010

thank ya berkat ini saya besok pasti bisa ngisi ujian . thank ya ………………………………………………….. thanks

48. BAMBANG SUSILO YUDHOYONO - Juni 4, 2010

AHHH JELEKKKKKKKKKK

49. endeng - Juni 4, 2010

ada barang bekas

50. George - Juni 9, 2010

Thx uch nulis artikel iniy, coz bsk mw ulngan smster 4 bio…once again, thx.

51. vivi - Juli 24, 2010

alhamdullilah bs ngerjain pr nih!!!!!

52. suroso - Agustus 1, 2010

gambar peredarannya darah mana ?

53. ranto - Agustus 14, 2010

wow thx

54. regina dian sari - Agustus 18, 2010

thanxz mo nulis artikel neeee
neee mank bagus p!e krang lengkap….
lebih baguz geee…
lo seandaina diperbaruin N ditambah g!e artikel na…

sekali g!e thanxz atas artikelna…

55. lia - September 13, 2010

pelajaran lebih gampang

56. Graciella Virginia - September 14, 2010

Thank’s bgt y…
Bisa buat bikin klipping + presentasi nih…
Doa’in y supaya presentasinya lancar..

57. yenny e.s - September 30, 2010

mau tanya dong ini ada pr anak mengenai informasi sistem peredaran darah manusia. kami butuh informasi penyakit/gangguan apa saja yang berhubungan dengan sistem peredaran darah manusia dan pola hidup yang menyebabkan timbulnya penyakit tersebut.thanks

58. no name - Oktober 7, 2010

wiiiiiiiiiih..ngebantu banget nih dr guru killer thx yaa..

59. Yuliana savitri - Oktober 17, 2010

mw tanya dong .. perbedaan arteri dan vena dri segi anatomi dan fisiologi apah yah ????

60. Yuliana savitri - Oktober 17, 2010

tanya dong .. apa perbedaan arteri dan vena dari segi anatomi fisiologi

61. Caesar de Aji - Oktober 17, 2010

Makasih ka atas bantuannya…… jadi membantu nih buat nambah pelajaran….. sekalian buat ngerjain tugas…. THANK ka

62. yudi akbar - Oktober 18, 2010

makasih . .. . ..
tas informasi nya
allhamdulilah sangat berguna bagi saya :)

63. kaifa rachma - Oktober 30, 2010

ihhhhhhhhhh susah

64. Alex - Oktober 31, 2010

bgz2 sistem peredaranx sangat lengkap,,, ini bisa bwt praktek qu,,, nanti…

65. angel - November 2, 2010

thank you for writing this article.
it gives me a lot of inpirations

66. meyistika - November 8, 2010

thanks ya ..
w jdi lbh tau tntang apa sistem peredaran drah ntu, nd so.. w jga jdi lbh bnyak wawasn bwat presentasi bsok.

67. maytieka - November 9, 2010

thanks ya :)

68. Litha - November 9, 2010

thx ya
atas info x neeee

69. Anya Makasombo - November 10, 2010

Thx JAdi bisa ngerjain tugas nih

70. atrelialelia - November 11, 2010

thanks,,.. ;)

71. ki kwang - November 19, 2010

aduh ko kurang lengkap sech??

72. zania - November 21, 2010

semoga dgn adanya penjelasan ini generasi penerus bangsa bs menjadi generasi yg berkualitas ,Amin ,,,

73. Hinata - November 24, 2010

lbh lengkap lg dong

74. KURNIA - November 26, 2010

tks bgt udah bantu gw nyelesa’n tugas biologi gw.. hoo :), thank you :)

75. pilip - November 26, 2010

tx oke

76. iyan - November 27, 2010

waaach bagus” jdi rodok pinter hahahaha…..

77. 'grevlynn' ewhin - November 29, 2010

ini sangat membantu.

78. Boy - November 29, 2010

Kurang Lngkap ne kk..

Lengkapin yahh..!!

biar bisa lbih bnyak pngetahuann nya gw baca

79. jasmin - Desember 2, 2010

terima kasih atas artikelnya!

80. galang - Desember 2, 2010

emmmmm…. Q ska bnget ni…mantep materi nya…!

81. mega - Desember 3, 2010

wdhu makci,,,,,
atas pmbri thu an na,,,,,,

jdie enhax nch bwat mkalah

82. JessicaTjia - Desember 8, 2010

many much a lot of thank you miss… totally helps!

83. JessicaTjia - Desember 8, 2010

@danzblue thanks for the explanation either. what a coincidence i search the answer of those

84. SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA | lilisimanungkalit - Desember 10, 2010

[…] Komentar» […]

85. ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA « ratnakusumadewi - Desember 29, 2010
86. ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA « ratnakusumadewi - Desember 29, 2010
87. Joko Purnomo - Desember 29, 2010

alhamdulillah…tugas gw slesai, makasih artikelnya yah. mudah2an dosen gw ga tau;;he..he..he…

88. nizar - Januari 11, 2011

wahn bags nie bwt tgs,.,.

89. Echa - Januari 17, 2011

thx bangettt…..!!!!!!
memudahkan aku membuat tugas… :)

90. phutrie - Januari 22, 2011

thx ….ea dh ksieh pgetahu.ant tntng predarant drah mnusia….cz pgthuant tu dh wat agkhu bsa ngrjain tgas ….ent hsil.a smprna ….????

91. andi astuti - Februari 4, 2011

apa sih yg menbuat penyakit hepatitis itu????

92. rahayu - Februari 7, 2011

assalamu’alaikum. makasih y kak dah bantu…saya ambil bahannya ya kak sbgai refferensi…makasih…

93. eko widiarto - Februari 14, 2011

bagus sekali trims

94. intan - Februari 14, 2011

Bagus tulisan artikelnya

95. neni - Februari 15, 2011

wah hebat bangettt…………..

96. afina - Maret 8, 2011

Thx yhh..
lumayan buat presentasi
ntar di school :D

97. lala - Maret 14, 2011

ini gk ada gambarnya ya?

98. amina - Maret 15, 2011

duch tugas sulit semuax

99. hikma - Maret 27, 2011

sangatttttt pnting tuk d plajari

predran drh it ?

100. hikma - Maret 27, 2011

tryout kmarennnnnn
cukcezzz abiizzz
rta rta q 25,55

101. raty - April 6, 2011

alhamdulillah ,, bisaa membantu melengkapi catatan saya yng sempat ketinggaLan waktu SMP .. Heee :D
makasiih udah buat bLog yng sangat bermanfaat ini ,, saya jd bisaa belajar d.mana aja + kapan aja .. ;)
sekaLi Lg makasih ya bu’ :)

102. Maulan - April 7, 2011

u bisa add gmbr urutan peradaran sarah besar g?
isinya lengkap tuh
bagus nich bwt belajar…

103. aisyah - April 14, 2011

excellent…
thanx yah!

104. jusman marbun - Mei 3, 2011

aku mau nanya ni…
berapa persenkah RCA<LDX<danLCN memberikan makanan ke jantung…..

105. Rafan - Mei 6, 2011

wah, terima kasih ya berkat informasi ini, saya menjadi lebih mengerti

106. henny radhiyah - Mei 9, 2011

wah…… bs ngerjain ulangan biologi bsok neh….
thanks yeach.>>>>>>>>>>>>:)

107. 391#-015 - Mei 10, 2011

thank’s yheacg bsaa bNTuin sayaa nGerjainn pr saya disekolah……………………….

108. lailia biaza az - Juni 1, 2011

huhhh pusingnya

109. abibimmm - Juli 17, 2011

makasihhhh bisa buat temen kerjasama

110. In0 ban0 - Agustus 26, 2011

Mkci ya, dgn tulisan ini pgtahuanku smkin bgus

111. ariel vivi - Agustus 30, 2011

makasih ya infonya.. cari info tentang pembuluh darah itu susah.. untung ketemu ini.. bgus buat presentasi nanti.. makasih yah.. :)

112. REGHINA - September 29, 2011

wah,bagus nih,,,,,,, buat uts

113. rani - Oktober 2, 2011

alhamdullilah yah sesuatu

114. krisna - Oktober 2, 2011

haaaaaa ga lengkap ……….

115. lina sri marlinawati - Oktober 3, 2011

makasihh atas infonya membantu bngtt

116. Hanana CSooyoungB - Oktober 3, 2011

thank….bsok ada tgs ipa mkanya nyari…biar dpet nilai bgs…DOAIN ya

117. pangeran kodokz - Oktober 18, 2011

tnkz,, atas ,, infonyah,, yah ,,,
i like it ,,

118. carmel - Oktober 20, 2011

wah….. sayang bgt gak ada cara kerja peredaran darah

119. nhuer manjha - Oktober 22, 2011

thanks artikel nya …
nich sngat membantu aku u/ nyelesain tugas sekolah kuh !!!!

120. wenda - Oktober 23, 2011

tq so much.. ^^,

121. Nur Fitri Ramadhani - Oktober 26, 2011

Bagus, tapi ada yang kurang
Fungsi – fungsi katupnya apa ?

122. Nanda Fl - Oktober 26, 2011

thank to information,,,,bisa jadi ngerjain tugas ne hari…!

123. Adel - November 3, 2011

Makasih banget y..
pr slesai deh… ^^

124. yuli - November 7, 2011

thank’s yea atas ilmu nya………
bca bgus nue nilai na……………………

125. dwi - November 7, 2011

thank’s yea

126. vena ( pembuluh balik ) - November 9, 2011

thnk’z bermanfaat banget tuk gue,,,,,
‘_’ tuk persentase biologi,,,
Ckckckckkc

127. wahyudi - November 13, 2011

tms……….

128. khoiriyah laras - November 15, 2011

lbh lngkap gy y,mteri’a… spya bs bljr dr internet n mdh mncria’a….

129. HILMAN FAHMI - November 16, 2011

gambarny kok g’ da sih

130. edDiie - November 18, 2011

yang complete lagi kapann?

131. Rani rianggi - November 24, 2011

Thanks bgt ya
bwt yg udh bikin blog ini
skrng aku rangkumannya udah selese deh :D

132. anadia mutiara - November 27, 2011

thanks atas infonya bagus banget untug pengetahuan kami… :)

133. shinta - Desember 2, 2011

makasii bangedd yach…

134. anha si ceweee manjaaaa - Desember 5, 2011

thanksss yachhh karna udahh bantuinnn sayaaa kerja tugas biologiiiii…………………………..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,………………………

135. Safira Refsti - Desember 10, 2011

Omakk , lengkap bgett ahh . Makasii bnyk yh atas isinya .. lengkap bgett dahh .. :)

136. zudhaiu - Desember 19, 2011

suwon rekkkkkk,,,

137. Laras - Januari 13, 2012

Makasih..
sedikit membantu

138. andy - Januari 13, 2012

ehmmm…jd pngn mnum drah ne,///

139. novita - Januari 18, 2012

mengapa peredaran darah manusia tdk sampai 3 juta per menit?????????????????????????

140. FEBRIN ROMER - Januari 18, 2012

bagaimana cara mencegah gangguan pada sistem peredaran darah ??

141. Anis Nur Rahmawati - Januari 19, 2012

thanks ya

142. Devo Avidianto P - Januari 22, 2012

Thanks Ya , Bermanfaat Sekali

143. ilham aja - Februari 2, 2012

thanks

144. Jessica Nancy - Februari 9, 2012

Ini sngat membantu!
Thankz bget ya..

145. Jessica Nancy - Februari 9, 2012

ini sangat membantu..
thankz ya,,,
like this yoo.. (y)

146. IEFA CAHAYANK KMOE - Februari 16, 2012

YA NANTI KALAU SAMPAI 3 JUTA MISKIN SEMUA ,..,..,.,
GEMBLONG.,.,..,..,..,

147. IEFA CAHAYANK KMOE - Februari 16, 2012

GHYUFHYIHGI
NGEMENG EPEH

148. Icha - Februari 28, 2012

Makasih atas infonya …

149. Khoirul_Ihkwan_354 - Maret 12, 2012

thanks:D

150. anita - Maret 17, 2012

kok gambarnya gak ada ?? !!

151. Shinta Purnama - Maret 18, 2012

Mkcih ea…..yg bwat blogg inie emang JEMPOL :D

152. Peredaran Darah Manusia « ikanurrahmawati - Maret 20, 2012

[…] dari sini Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this […]

153. Hana kireyna - Maret 20, 2012

aduh susah

154. pracillia halubangga - Maret 23, 2012

thank
semua niech telah membantuuuu

i veryyy say thank for this writing the article.

155. aan - April 1, 2012

makasih infonya yaaaaa.

156. gandis - April 4, 2012

mkasih y……?????????????
bisa buat nmbah pngetahuan jg nuich…….

157. rizki yunus - April 6, 2012

thank ea.blog ni berguna banget bwat q…….

158. noname - April 7, 2012

ga lengkap -_-

159. inem suryanti wahinen puntu - April 12, 2012

good .
it can help my task . thank you sir :) :D

160. cia - April 15, 2012

Ga ada penjelasan gambar

161. Dhea - Mei 22, 2012

mksh ya ats bhn ajrnnya, ngebantu jg bwt pr biologi :D

162. Fahda Kurnia - Mei 22, 2012

cool! walau saya cmn anak SMP tapi berguna bgt! ^^

163. fifi manikam - Juni 6, 2012

mkasih yaahhh….!!!! p-)

164. chandra bayu pradita - Juli 27, 2012

makasih y untuk menambah informasi saya???????

165. rosalina - Agustus 13, 2012

tenkiw

166. alma titania - September 2, 2012

:)

167. nava - September 12, 2012

kok nggak ada gambar nya

168. dian martha - September 18, 2012

makasih ya

169. khairul azhar - September 20, 2012

mantap

170. Riska - September 27, 2012

bagaimana cara kita mencegah sistem peredaran darah???

171. zahra fadhila - September 28, 2012

allhamduilah..
bisa buat persiapan ulangan
maksih banget ya…

172. karissa agnia rubi - Oktober 1, 2012

nama penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah????

173. ijus - Oktober 2, 2012

thank you y…. bsa buat tugas ipa hri jum’at ni

174. hafid - Oktober 2, 2012

bagus dan tugas biologi ku selesai horreeeeeeeeeeeee :)

175. Rino Ilman - Oktober 2, 2012

poseng… baru kls lima baca selengkap ini tapi makasih banget jadi tau lebih awal dari pada temen2

176. Muhammad irsyad - Oktober 9, 2012

Apa ya peredaran darah manusia??/????!!!?!?!?!?!

177. Ami - Oktober 10, 2012

wawwwwww

178. Isnaeni Asrin Hashinah - Oktober 10, 2012

mm g ngebantu ni…..

179. Citra - Agustus 15, 2013

Klu penyakit yg berhubungan dengan jantung apa aja yaaa ?.?

180. alhusna - Oktober 20, 2013

kurang lengkap penjelasan nya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: